Cerita Backpacker Ke Maroko

12/01/2016

Foto By Ayuningtyas.

Tour & Guide Maroko. Haaiii smuaaa https://www.facebook.com/images/emoji.php/v6/f4c/1/16/1f642.png:)

Mauu share pengalaman kemarin ke marocco - utara nya benua afrika (45menit ke spain)
Selama kurleb 7hr di marocco ternyata ga pengen pulang sama sekali, seruuu banget! Kita kesana 6 orang, aku dan suami ku dan 4 org temenku lainnya yg hobi foto banget.

Kami kesana dpt harga murah banget dgn Saudia Airlines via Kuala lumpur cuma 4.6 pp! Jkt ke kuala lumpurnya kami beli pas Garuda Indonesia Travel Fair pp 1.3 dgn Garuda Indonesia
Seneng banget naek pesawat SAUDIA AIRLINES الخطوط السعودية Saudia Airlines - Indonesia, selain full service, saya sebagai muslim seneng bgt ada mushola diudara didalam pesawat heheheh udah gt baru x ini sy ga ketakutan terbang long hours nyaman banget!!! Landing take off muluuuussssss. Kita kesana brgktnya via jeddah transit slama 6jam dan dari jeddah ke casablanca (cmn) 7jam.

Foto By Pramita Ayuningtyas
Sesampainya di cmn kita langsung ke riad kita, namanya riad al-amine 150m dr djema el fna. Riad nya baguuus, artsy smuanya dan semalam utk 1 org sekitar 350rb. Makanan diriad enak banget, dan karna yang punya org prancis spanyol dan ga bs bahasa inggris jd dia punya assisten namanya hasan yg jago bahasa inggris. Oiya fyi, bahasa di marocco ada 2 bahasa yang dipakai, bahasa arabic, perancis dan spanyol. Sebagai traveller wifi sangat penting dan diriad ini kwueeeeeenceeeeng bgt! Happy!!! Disini kita dikasih teh khas maroko, namanya mint tea. Tehnya dicampur daun mint khas maroko dan disajikan hangat.

Hari kedua kita tour sahara, marrakech sahara lebih tepatnya. Wow wow wow speechleeesss banget pemandangan menuju sahara dan kami pikir akan panas tapi trnyata adeeeem banget sekitar 15derajat saat itu disiang hari dan 9derajat disore hari. Kami ikut tour saat kesahara 2d1n cuma 600rb udah smua. Dijemput, tenda, makan dan naek onta. Seru abiiiss...pas mlm kita bs liat milky way dgn jelas. Trs malamnya mrk kasih kita hiburan tarian ala suku berber
(suku asli marocco) sambil api unggun-an.

Sarapan Bareng.

Depan Istana Ait Ben Haddou,
Hari ketiga dan keempat. setelah dari sahara kita menuju chefchaouen!! The blue city. Mirip2 kayak santorini tapi bedanya ini digunung bukan dilaut. Perjalanannya sekitar 9 jam dr stasiun marrakech pakai kereta api, saat itu kt ambil second class seorg sekitar 250rb one way. Sampai di chef kami menginap di atlas mountain hotel, which is hotel kita ada diatas gunung. 1 kamar sekitar 600rb utk 2 org. View nya dari hotel ajib banget, seluruh kota chef kliatan...biru smua. Disana bnr2 bagus, smua bangunan biru...mirip dgn santorini. Karpet2 yang dijualnya pun terbilang
murah drpd di kota marrakech.

Skitr 200-500rb. Kami makan tanjine beef, enaaaaaaaaaak banget. Foto restonya ada dibawah ya! Wajib banget makan disini cuma 50rb ud kenyang dan ada sambel ijonya barang langka yg jrg ditemuin di cmn. Oiya kalo kalian ke chef dilarang foto penduduk lokalnya krn tidak sopan (kebanyakan mrk muslim) jd ga polite aja utk difoto padahal org2 nya duuh cakep2 bgt! Kami di chef 3d2n. Dihari keempat kami pindah ke riad lokal
semalam 75rb perorg. Tapi baguuusssss dan lokal bgt dan kental dgn budaya Marocco

Kota Chechaouen saat malam Hari,
foto By Pramita Ayunityas.

Oiya kata mas Sukmahadi Adi  (admin Wisata Maroko) yang nemenin kita slama di chef, asal mula kota ini kenapa biru katanya awalnya
 penghuni kota ini org yahudi kemdian krn mrk kangen akan kampung halamannya maka mrk men-cat menjadi
biru sprti kampung halamannya.
Hari kelima kami pulang tapi sebelum pulang mampir dulu jalan2 dicasablanca. Kami ke mesjid hasan 2.

Mesjid yg nyeni banget dan sedikit belanja ke maroc mall. Hehehehe
Maaaf ya nulisnya belepotan soalnya nyambi sambil masakain suami hehehe dan ini tulisan pertama juga share cerita di BI https://www.facebook.com/images/emoji.php/v6/f4c/1/16/1f642.png:)
Kalo mau liat foto2 ku yang lain, bs follow instagram aku ya @mitaindra

Note:Jika anda merupakan wisatawan, rombongan wisata, jamaah Umroh plus Maroko, wisata Maroko, Travelling, atau rombongan dosen yang membutuhkan guide/tour leader berbahasa Indonesia selama di Maroko dan Spanyol, silahkan kirim pesan langsung kepada kami, atau kontak kami di:

• Adress: Amrechich C M Nord Blog 70 NR 9 Marrakech, Maroko.
  • Email: sukmahadiadi@yahoo.com
  • Telepon: +212656865703
  • Whatsapp: +212634007045
  • PIN BB: 7F1AF9AF

Sekedar informasi, bahwa warga negara Indonesia mendapatkan free visa selama 3 bulan kunjungan di Maroko.